Selasa, 15 Januari 2013

One of My Role Model

             Semua orang punya karakteristik yang berbeda. Guru pun juga salah satunya. Kalau harus memilih guru favorite, aku belum tahu siapa saja. Karena menurut ku semua guru the best. The best in their own special ways. 
            Tetapi pada post ini aku mau menceritakan tentang sosok bapak Nurul Huda, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan ketika aku kelas 8-9. Pak Huda ini memilik sifat yang tegas. Tegas dengan penuh kasih sayang. He is a very inspiring man.<3
            Aku ketika smp bisa di katakan anak yang badung. Satu minggu atau satu bulan sekali nama ku dan teman-teman dekat ku di panggil untuk masuk ke ruang BK dengan alasan tingkah laku kita yang sangat kekanak-kanakan. Tetapi itu waktu aku kelas 7, saat kesiswaan ku masih pak Didi, seorang guru yang sangat humoris, multi talenta dan sangat ceria. Ketika aku naik ke kelas 8, aku kaget bahwa kedudukan pak Didi di ganti oleh pak Huda.
 Aku awalnya tak suka dengan pak Huda, sifat nya sangat keras kepala dan sering marah-marah. Dulu pun aku sering ngedumel ini-itu. Karena jujur sifat pak Didi dan pak Huda sangatlah berbeda. Mulai kelas 8 ini, tingkat kebadungan ku dengan perlahan mengurang, karena aku takut. Takut dengan hukuman yang di berikan pak Huda yang nggak tanggung-tanggung susahnya dan memalukannya. Pak Huda selalu memiliki ide untuk menghukum anaknya agar mereka kapok. Mulai dari sholat dhuha 100 rakaat di lapangan, mungutin sampah ketika istirahat, mengecat ulang kamar mandi, dan banyaaak lagi. Oh sama satu lagi, menyindir di depan semua siswa/siswi  smp Al-Muslim tentang kesalahan kita, tapi sering juga beliau langsung frontal menyebutkan nama-nama orang yang bersangkutan, kadang ia juga memanggil mereka untuk maju ke depan anak-anak. Sungguh memalukan, tapi bener-bener langsung sadar kesalahan kita sehingga kita kapok.
Di balik sifat keras pak Huda, beliau juga memiliki sifat yang sangat sabar, rileks dan humoris. Aku suka sekali dengan cara mengajar pak Huda. Ketika beliau di dalam kelas, mengajar, sifat kerasnya hilang seketika. Pak Huda bekerja keras dengan penuh kesabaran agar murid-murid nya paham. Suasana tegang di aula ketika pak Huda marah-marah pun ikut berubah ketika ia sedang mengajar, kelas nya penuh dengan canda dan tawa.
Suatu saat aku di tugaskan untuk mengikuti lomba story telling. Aku stress menghafalkan cerita yang sangat panjang dalam waktu yang sangat singkat. Pak Huda lah yang mempunyai waktu untuk mendengarkan curhatan panjang ku itu dan membuat ku menjadi semangat untuk mengikut lomba tersebut. Ya, walaupun aku nggak menang, aku tetap bangga karena aku mampu mengahafal semua nya dengan lancar. Semua karena motivasi yang di berikan pak Huda, “Jangan menyerah sebelum kamu mencoba.

Pak Huda bisa di bilang orang yang paling baik di SMP, karena beliau tidak pernah membiarkan orang lain mengikuti jalur yang sesat. Ia selalu mengingatkan kepada kebenaran kepada orang yang melakukan kesalahan. Aku mengaku aku sangat bodoh pernah berfikiran pak Huda adalah guru terjahat sedunia, karena aku sangat salah.
Semua kata-kata jelek yang pernah aku pikirkan tentang pak Huda berubah menjadi kata-kata yang baik ketika aku menduduki kelas 10. Kalau di pikir-pikir, semua hukuman yang pak Huda berikan, setiap kata-kata yang pernah membuat ku kesal yang keluar dari mulut nyav adalah hal-hal yang menunjukkan rasa sayang nya kepada semua murid-murid nya. Beliau ingin murid-murid nya menjadi orang-orang sukses yang di tanamkan dengan karakter yang baik dan islami.          
            Satu hal lagi yang belum aku jelaskan. Pak Huda adalah sosok yang sangat menginspirasikan. Beliau sangat sederhana tetapi di satu sisi ia terlihat sangat mewah dengan ketaatannya yag sangat kuat kepada Allah dan senyum yang selalu di lontarkannya. Beliau tidak takut menghukum orang yang tidak dalam jalur kebaikan.  
            Terima kasih pak Huda atas inspirasi nya, atas kesabarannya, Terima kasih selalu menegur aku kalau aku melakukan kesalahan. Thank you for teaching me a lot about life.:)
            Terima kasih juga untuk guru-guru ku yang lain. Kalian semua orang-orang hebat dengan kesabaran yang sangat tinggi. Terima kasih atas semua ilmu yang pernah kalian semua salurkan untukku. You all are the best! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar