Senin, 10 Juni 2013

Indonesia's New Curriculum in 2013

            Ternyata beneran ya Menteri Pendidikan telah merubah kurikulum dari tingkat sd s/d sma dari kurikulum yang sekarang. Aku nemu info tentang kurikulum 2013, ada beberapa hal baru di kurikulum 2013 tingkat sma :
1.    UN tanpa pengawas ruangan.
2.    UN akan ada 20 paket per ruangan.
3.    Tidak akan ada penjurusan IPA, IPS, Bahasa (ENAK BGTT!:o)
4.    Menggunakan system peminatan.
5.    Pramuka menjadi ekskul wajib.

 Agak kaget sih kenapa tiba-tiba di ubah gitu, kan jadi agak nggak adil gimanaaaa gitu. Kenapa nggak dari dulu aja coba? Haha sedikit envy nih sama adek kelas.-_-

            Envy kenapa? Di kurikulum 2013 udah nggak ada penjurusan, jadi nya pake system peminatan.  Menurut aku itu enaaak banget, jadi anak-anak nggak ngerasa terbebani sama pelajaran-pelajaran yang mereka nggak suka. Misalnya aku masuk IPA (amin) tapi aku suka pelajarannya cuma kimia, kan ribet ntar fisika sama biologi nya. Jadi kalau pake system peminatan murid-murid bisa milih pelajaran sesuai bidang yang memang udah ahli atau yang mereka sukain.

            Kalau tidak akan ada penjurusan juga bisa bikin murid nya lebih focus ke suatu pelajaran yang diminatinya selama 3 tahun, terus nggak kebanyakan belajar nya, jadi nggak ribet. Kasian juga soalnya belajar banyak-banyak tetapi nggak sesuai cita-cita nya. Contohnya kayak aku mau jadi diplomat, ngapain kan aku lama-lama belajar fisika/biologi? Hehe.


            Hmm, UN tanpa pengwas ruangan?-_- Aneh ya, haha. Tapi kayaknya seru deh, soalnya kadang  kalau ada pengawas tuh ngerjain soal jadi blank gituu, entah kenapa. Aku jujur aja sih emang suka nyontek, tapi insyaAllah mulai dari sekarang aku nggak mau nyontek lagi, pengen usaha sendiri soalnya aku tadi denger kata guru aku, bu Reni, “Kesuksesan itu dilihat dari cara nya, bukan dari nilai nya. Kalau nilai kamu tinggi tapi bukan hasil kerja keras kamu ya sama aja, kamu nggak dapet ilmu apa-apa. Susah sukses nya ntar kamu.” Dari situ aku mulai sadar, bener juga ya. Di Indonesia ini kebanyakan siswa nya lebih sering mencari nilai daripada ilmu nya. Terus juga kalau kita nyontek, iya sih kadang nilai nya bagus, tapi kita nggak dapet ilmu dapet nya malah dosa. Ya nggak? Jadi nyesel aku sering nyontek. Yaa, pokoknya insyaAllah dari sekarang aku mau sepenuhnya jujur mengerjakan ulangan/tugas/dsbg dengan hasil kerja keras ku sendiri agar aku jadi bisa orang yang sukses kedepannya. Haha kok jadi curhat gini yaaaa, maafmaaf.:-p

             Lanjut tentang kurikulum baru di 2013. Kalau yang masalah 20 paket sih aku nggak ngaruh juga ya, bukannya mau sombong atau gimana, tapi kan sebanyak apa pun paket per ruang yang ngerjain juga kita sendiri. Apalagi kurikulum 2013 kan pakai system peminatan jadi ya paling kalau aku mah seneng belajar nya terus nggak terlalu susah dong ya…

            Dan yang terakhir, pramuka sebagai ekskul wajib. Hmm, sebenernya sih aku suka pramuka, soalnya aku emang suka sama PBB, kemah-kemahan dll. Tapi ya kalau misalnya pramuka dijadiin ekskul wajib juga nggak adil sama anak-anak yang nggak suka sama pramuka. Terus kalau misalnya di’wajibkan’ tuh kesannya gimanaaa gitu. Jadi nggak bebas, murid-murid nya jadi nggak bisa milih ekskul yang emang bener-bener mereka sukain dan pasti ntar pada bosen terus ngedumel sendiri. Haha begitulah anak jaman sekarang.-_-v Seandainya aku boleh ngasih saran, mendingan pramuka nggak usah di jadiin ekskul ‘wajib’.

            Jadi yaa intinya mau bagaimana pun kurikulum yang berlaku di Indonesia, aku pokoknya mau jadi anak yang lebih giat untuk menggapai cita-cita ku. Dan kalaupun aku merasakan kurikulum 2013, aku ingin menjadi siswi yang lebih jujur karena pemerintah udah baik memberi kita jalur yang lebih gampang dan udah bisa mempercayai kita, kenapa kita mesti nyari jalan yang ribet dan berdosa?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar